Jumat, 05 Juni 2009

TEMPAT-TEMPAT MENYERAMKAN DAN BERPOTENSI MAUT

1. KAWASAN CASABLANCA
Lokasi: Jln. Basuki Rachmat, Jak-Tim

Fenomena: Sosok menyeberang jalan, di antaranya nenek-nenek bersama cucunya dan perempuan cantik.

Sejarah: Dibangun di atas tanah pekuburan, terowongan Casablanca terbilang angker. Menurut beberapa warga Casablanca ,
ketika pembongkaran kuburan tersebut, bahkan ada 1 jenazah yang masih utuh. Dari terowongan Casablanca sampai kira-kira radius 40 meter
sesudahnya, banyak terjadi kecelakaan yang penyebabnya tidak masuk akal. Biasanya karena pengendara motor atau mobil melihat sesosok
perempuan tiba-tiba menyeberang di hadapan kendaraannya, sehingga pengemudi kendaraan tiba-tiba banting setir dan menabrak pembatas jalan.
Menurut warga, ada baiknya ketika melewati terowongan ini, pengemudi kendaraan membunyikan klakson untuk "menyapa" penghuni terowongan.
Akhir tahun 90-an, di Jembatan UnderPass (terowongan) Casablanca-Kuningan, seorang laki-laki separuh baya bunuh diri dengan menggantung diri dengan spanduk di sini. Jadilah tempat ini semakin angker. denger-denger selain jembatan dan jalanan di atas, kawasan Casablanca memang berhantu, yaitu sekitar apartemen Casablanca dan Hotel bintang 5 ParkLane. Dulunya tanah yang dibangun Apartemen Casablanca itu adalah komplek kuburan umum. Pernah suatu waktu beberapa expatriate bule menginap di hotel Parklane mendapat penampakan dan gangguan, si bule yang berperawakan tinggi besar itupun ketakutan, sampe minta ganti kamar lain. Saya sendiri tidak pernah tuh merasakan dan aman-aman saja pas di sana sendirian



2.KAWASAN TUSUK SATE JEMUR SARI
Konon di kawasan tusuk sate itu memang sering muncul sosok wanita misterius.
Cerita wanita yang disebut-sebut berambut panjang menjurai ini sudah bukan menjadi rahasia bagi warga Jemursari Gayungan.

Warga yang rumahnya berada tepat di tusuk sate itu sering kali mendengar atau mendapat cerita jika sebelum kecelakaan terjadi, rata-rata korban mengaku melihat sosok wanita di tengah jalan.

Kisah yang belum tentu jelas kebenarannya ini semakin seru ketika sang wanita misterius itu dikaitkan sebagai salah satu korban kecelakaan kereta api. Sebab dari Jemursari menuju Jalan Ahmad Yani memang ada perlintasan kereta api. Dan beberapa kali memang pernah terjadi kecelakaan yang merenggut korban jiwa.

Adanya wanita misterius ini juga dibenarkan Dede Maktal. Dede yang mengemudikan toyota avanza B 104035 RFS bersama pacarnya mengalami kecelakaan di pertigaan kawasan itu pada selasa (4/3/2008) dinihari. Pengakuan dia, sebelum mobil yang dikemudikan menghantam jembatan di daerah setempat, Pacarnya sempat melihat wanita yang menyeberang. Setelah itu 3 hari kemudian sebuah mobil Honda estream mengalami kejadian yang nyaris sama, seperti dituturkan Edi dan isterinya

"Sewaktu saya nyetir, ada wanita menyeberang. Dan spontan saya menginjak rem, tapi mobil tidak bisa berhenti hingga akhirnya menabrak jembatan itu," ungkapnya di lokasi kecelakaan.

Apa yang disampaikan Dede dan Edi nampaknya tidak bertepuk sebelah tangan. Warga yang tinggal di perkampungan Jemursari Gayungan RT 01 yang lokasinya hanya beberapa meter dari pertigaan tusuk sate itu membenarkan kisah misteri itu.

"Seringkali di tengah pertigaan ini muncul wanita atau pun hanya kelebatannya. Setelah wanita itu muncul lalu terjadi kecelakaan," kata Sugito, warga setempat saat ditemui ketika menonton kecelakaan

Menurut Sugito yang diamini warga lainnya bahwa munculnya wanita itu sering disampaikan oleh para korban kecelakaan. "Yang pasti tidak sedikit pemakai jalan yang tabrakan selalu bercerita jika sebelumnya melihat wanita menyeberang atau tiba-tiba saja muncul di depan kendaraannya," katanya.

Karena itulah, mungkin kata Sugito, banyak yang terkejut lalu tak bisa mengendalikan kendaraannya. "Cerita ini hampir semua warga di sini tahu. Di situlah katanya sosok wanita muncul," terang Sugito sambil menunjuk lokasi yang dipercayai tempat kemunculan wanita misteri.
Siapa dan dari mana asal wanita itu, Sugito hanya menggelengkan kepalanya. "Tidak ada yang tahu. Ada yang bilang dia adalah arwah gentayangan korban tabrakan kereta api atau korban kecelakaan motor. Tapi tak ada satupun yang bisa memastikan," jawab dia.


3. KAWASAN KANTOR WALIKOTA JAKARTA SELATAN
Bau mayat sangat menyengat kerap tercium. Penampakan makhluk gaib pun sering terlihat. Itulah gambaran mistis lokasi jatuhnya Toyota Altis di Kantor Walikota Jakarta Selatan pada 18 Februari 2008 sore.

Alhasil, aroma mistis juga tercium kental dibalik peritiwa jatuhnya Altis. Selidik punya selidik, kantor Walikota Syahrul Effendi yang beralamat di Jalan Prapanca Raya, Jakarta Selatan ini berdiri diatas lahan yang semula merupakan pemakaman umum.

"Kalau petang hingga larut malam, di basemen 2 tercium bau mayat yang sangat menyengat," kata salah seorang tukang parkir, Iwan (45) kepada detikcom, Senin (18/2/2008) petang.

Pemakaman yang dulu terkenal dengan Blok P itu kemudian digusur. Tak lama dibangunlah Kantor Walikota Jakarta Selatan. Rencananya, ada 5 tower yang dibangun. Namun hingga kini, baru satu tower berdiri dan telah dihuni sejak empat tahun terakhir. Sedangkan empat tower lainnya dalam proses pembangunan.

"Dulu kuburan ini juga buat mangkal para waria. Makanya, dulu Prapanca terkenalnya ya, waria," kata Iwan sedikit bercanda.

Meski sudah ada tower yang berdiri megah, kadang para tukang ojek yang mangkal di sekitar Kantor Walikota sering melihat penampakan makhluk halus. Kadang perempuan muda, kadang anak-anak kecil tak dikenal keluar dari halaman kantor. Padahal tidak ada seorangpun yang melihat mereka masuk.

"Yang kayak gitu kita udah kenyang," kata seorang tukang ojek, Wahyu (31).

Lalu, benarkah Altis itu dijatuhkan makhluk halus? Menurut juru parkir yang berada di mobil saat jatuh, Sugandi (42) seperti yang diberitakan detikcom sebelumnya, dia mengaku sudah mematikan mesin mobil dan posisi persneling off.

"Ketika kunci saya ambil, tiba-tiba mobil bergerak sendiri ke belakang dan jatuh," katanya.

Toyota Altis hitam B 2371 CB terjun dari basemen 1 ke basemen 2 Kantor Walikota Jakarta Selatan pada Senin sore kemarin. Posisi mobil saat jatuh adalah berdiri dengan moncong di bagian atas, dan bagian belakangnya handur. Mobil tersebut adalah milik pejabat Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Benarkah jatuhnya Altis itu adalah ulah makhluk halus? Wallahualam. Namun pasti ada alasan logis untuk menjelaskan jatuhnya mobil tersebut.

Soal tempat berhantu, biasanya mendapat banyak perhatian masyarakat. Tak heran banyak film horor produksi Tanah Air yang memakai tempat yang dipercaya ada hantunya. Sebut saja Terowongan Casablanca, Rumah Pondok Indah, Jeruk Purut, dan Jembatan Ancol. Terkait kemistisan di Kantor Walikota Jaksel ini, mungkinkah menarik sineas industri film Indonesia untuk membuat filmnya?


Hotel - apalagi berupa bangunan tua dan bersejarah - pastilah sering
dikaitkan dengan kisah menyeramkan. Konon, ada yang "berpenunggu" wanita
cantik, serdadu bule atau sekedar suara-suara aneh. Seorang finalis Putri
Indonesia 2001 sempat melihat dua hantu

Kisah tentang kemunculan hantu cantik atau roh halus memang selalu asyik.
Apalagi, yang berkaitan dengan sarana umum seperti hotel ternama - yang
kita kenal atau bahkan sering kita kunjungi. Pertengahan Juli, wartawan
KARTINI mengumpulkan kisah-kisah hantu penunggu hotel berbintang. Uniknya -
mungkin - seiring dengan kemajuan teknologi, tak ada lagi hantu berwajah
menyeramkan. Yang ada hanya hantu jelita dan ganteng...

Tidak ada komentar: