Selasa, 21 Oktober 2008

Pemimpin 1

Saya sungguh sangat mengerti dan sangat mengerti
apa yang disampaikan bapak-bapak yang mempunyai/ mengelola sebuah perusahaan yang dalam kondisi saat ini nya menderita dan sangat menderita; Bagaimana kelunya lidah sang Pemimpin/ sekaligus owner mendapat complain-complain BUYER atau wakil buyer “ Pak bagaimana nih barangnya tidak bisa dikirim sesuai jadwal, pak bagaimana nih kualitas produknya tidak sesuai kriteria/sample padahal esok kirim, Pak kapan saya terima jadwal pengiriman yg final ? dan seabrek pertanyaan-pertanyaan lain yang harus dijawab dengan kepastian.
Nah kepastian-kepastian ini berasal dari dalam dan lebih dalamnya lagi sampai ke si pembuat masalahnya apakah itu orang,alat, metoda dan apanya…
Biasanya sang Pemimpin menjawab complain2 itu secara teknis …
bahan anunya itullah…alat mesin ininya anulah dan orang anunya anulah dan lah..ah lainnya sehingga penggalian kedalam jadi terlupakan dan Biasanya orang yg ditembak sebagai biang salahnya.
Begini Sang Pemimpin berkeluh: “ Saya sudah berjuang merebut produk2 ini untuk dikerjakan ditempat kita, saya sudah yakinkan bahwa bahan baku dan proses pabrik kita adalah yang paling cocok untuk produk2 mereka, saya sudah buat harga jualnya tinggi …semua tak masalah..order turun sesuai permintaan kita …..tapi saya tak bisa jawab kapan barang ini bisa dikirim!!!! …….Kenapa tak bisa dikirim ????
Sang Pemimpin bilang… Barang tak bisa dikirim sesuai jadwal …okay lah kalau perubahannya hanya 1 kali ini ber puluh kali…dan dalam meeting 2 hari yang lalu pabrik bisa suplai ke gudang barang jadi entah apalagi yang terjadi biasanya masalah kualitas barang….Saya ini hari sudah dikejar-kejar buyer via sms, email dan hp ..ya iya lah mereka menanyakan barangnya bisa terkirim atau tidak….
Tahu enggak ? saya pusing nyari alasan apa yang paling masuk akal..sekali dua bolehlah tapi kalau setiap produk bagaimana? Jadi saya perlu orang lagi untuk menjadi assisten saya sebagai penjawab complain-complain gitu kali ya…ha4x!!!!
Beberapa perusahaan sangat percaya diri sehingga sampai hari ini berkibar dan akan terus berkibar walaupun didalamnya ada kasus2 seperti diatas, kuncinya adalah terus berubah!! Dan ini adalah skill managerial owner ; kemampuan yang dibarengi instuisi2 dan tidak banyak orang seperti ini
Dan Saya permisi pulang sambil terasa ada keinginan utk mengetahui lebih dalam lagiSeperti apa sih kondisi produksinya………………………………….

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mas masih ada kisah lanjutannya ngak? ditunggu