Senin, 06 April 2009

KOTA-KOTA DGN JUMLAH PENDUDUK BANYAK DI DUNIA

Ir Arief Suryadi berkeyakinan bahwa daerah terpadat sedunia masih dipegang oleh
1.Kota Male dinegara Maldives dengan penduduk 48.007.orang per km persegi
2.Kota Cairo dinegara Mesir (Egypt)...............36.618.orang per km persegi
3.Kota Mumbai, India .............................29.434.orang per km persegi


Kota dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia adalah kota Tokyo yang diperkirakan memiliki jumlah penduduk sebanyak lebih dari 33 juta jiwa. Sedangkan New York dan Sao Paulo menduduki urutan kedua dan ketiga dengan jumlah penduduk masing-masing mencapai 17 juta.
Seoul adalah ibukota Korea Selatan yang berusia lebih dari 600 tahun ,Dengan 10 juta penduduk terdaftar yang hidup dalam area sebesar 605.52 km², Seoul merupakan salah satu kota terpadat di dunia. Kepadatannya telah membuatnya menjadi salah satu kota digital-kabel di dunia. Kota ini juga memiliki kendaraan terdaftar lebih dari 1 juta kendaraan yang menyebabkan kemacetan sampai lewat tengah malam. Bagian Seoul besar dan daerah komuter, termasuk dermaga kota Incheon dan daerah tempat tinggal Seongnam, adalah tempat terpadat di dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah daerah metropolitan telah melaksanakan program pembersihan polusi udara dan air dari kota tersebut, menjadikan atmosfir tidak enak menjadi sangat bersih.

TETAPI ORANG INDONESIA MERASA BAHWA KOTA-KOTA DI INDONESIA LAH YANG MEMPUNYAI PENDUDUK PALING BANYAK DIDUNIA.. BEGINI KATANYA :
Tiga wilayah di Kota Bandung diduga menjadi kota terpadat di dunia. Karena kepadatan penduduknya di atas 13.000 jiwa per kilometer persegi. Padahal, idealnya kepadatan penduduk itu lima ratus jiwa per kilometer persegi.
“Tiga wilayah itu adalah Cicadas, Kiaracondong, dan Bandung Kulon. Di negara lainnya juga tidak ada yang kepadatan penduduknya lebih dari 13.000 jiwa per kilometer persegi,” kata Kepala BKKBN Jabar Drs. H. Rukmana Heryana, M.M., seusai pembukaan acara Konsultasi Nasional Kepala Seksi di Bandung, Jumat (27/3). Acara dibuka Kepala BKKBN Dr. Sugiri Syarief, M.P.A.
“Masalah kepadatan penduduk di Bandung ini harus diselesaikan oleh seluruh aspek, misalnya oleh bagian tata ruang dan lainnya. Karena kepadatan penduduk itu harus sesuai dengan daya tampung dan daya dukung lingkungan. Bila penduduk di satu daerah terlalu padat dan tidak didukung adanya air bersih, akan kewalahan,” kata Rukmana.
Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Bandung dra. Wiwiek Idaryati, M.Pd., yang dihubungi secara terpisah menuturkan, rata-rata kepadatan penduduk di Kota Bandung tahun 2009 adalah 13.345 jiwa. Jumlah tersebut didapatnya dari Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Bandung tahun 2009. Namun, Wiwiek tidak mengetahui secara pasti kepadatan penduduk per kecamatan.
“Data tentang kepadatan penduduk di tiga wilayah tersebut mungkin data yang lama dan bukan sedunia, tapi mungkin se-Bandung. Karena saat ini kan sudah ada pemekaran wilayah di Kota Bandung, dari 26 kecamatan menjadi tiga puluh kecamatan,” ucap Wiwiek.
Wiwiek mencontohkan, daerah Cicadas sekarang ini ada yang masuk ke Kecamatan Antapani dan ada yang masuk ke Kecamatan Mandalajati. Itu akan memengaruhi penghitungan sebaran penduduk per luas lahan.
Bila dilihat dari jumlah penduduk terbanyak di Kota Bandung, ungkap Wiwiek, berdasarkan RKPD itu ada enam wilayah yang termasuk banyak, yaitu Bandung Kulon sebanyak 120.733 penduduk, Batununggal (117.753), Kiaracondong (115.305), Babakan Ciparay (108.725), Bojongloa Kaler (106.867), Cibeunying Kidul (100.927). “Antapani sendiri jumlah penduduknya 67.529,” ujarnya. (A-62/das)***
Sumber : PikiranRakyat, Senin, 30 Maret 2009


menurut Ir Arief Suryadi daerah terpadat didunia adalah:
1.Kota Male dinegara Maldives dengan penduduk 48.007.orang per km persegi
2.Kota Cairo dinegara Mesir (Egypt)...............36.618.orang per km persegi
3.Kota Mumbai, India .............................29.434.orang per km persegi
4.Kota Levallois-Perret (Paris)...................25.934.orang per km persegi
5.Kota Chennai, India ............................24.231.orang per km persegi
6.Kota Bangalore, India ..........................22.719.orang per km persegi
7.Kota Guttenberg, New Jersey, United States......21.961.orang per km persegi
8.Kota Union City, New Jersey, United States......20.396.orang per km persegi
9.Kota Saint-Josse-ten-Noode (Brussels)...........20.259.orang per km persegi
10.Kota L'Hospitalet de Llobregat (Barcelona)......20.230.orang per km persegi
11.Kota Lagos, Nigeria.............................20.000.orang per km persegi
12.Kota West New York, New Jersey, United States...17.325.orang per km persegi
13.Kota Macau, China...............................16.521.orang per km persegi
14.Kota Monaco, negara monaco......................16.435.orang per km persegi
15.Kota Seoul, South Korea.........................16.391.orang per km persegi
16.Kota Hyderabad, India...........................14.192.orang per km persegi
17.Kota Tokyo, Japan...............................13.333.orang per km persegi
18.Kota BANDUNG, INDONESIA.........................13.300.orang per km persegi
19.Kota Dakar, Senegal.............................12.233.orang per km persegi
20.Kota Calcuta, India.............................11.680.orang per km persegi
21.Kota Hoboken, New Jersey, United States.........11.637.orang per km persegi
22.Kota Jakarta, INDONESIA.........................11.360.orang per km persegi


Negara dengan Penduduk Terpadat didunia
1. MONACO ( EROPA )
Monako adalah Negara yang paling padat penduduknya dan merupakan negara merdeka terkecil ke dua didunia,dengan jumlah penduduk hanya 32.410 dan luas 1,96 kilometer persegi (485 hektar).Monaco merupakan negara terkecil didunia berbahasa prancis.
2. SINGAPORE ( ASIA )
Singapura merupakan negara kepulauan yang dihuni terletak di ujung selatan Semenanjung Melayu.populer untuk tujuan pariwisata dan bisnis, Singapura juga merupakan salah satu negara terkaya di dunia karena sangat mengembangkan ekonomi. Singapura telah dinilai sebagai yang paling ramah-usaha perekonomian di dunia, dengan ribuan ekspatriat asing yang bekerja di perusahaan multi-nasional.ibuKota-negara juga mempekerjakan puluhan ribu asing Collared-pekerja dari seluruh dunia. Dengan total kepadatan penduduk lebih dari 6.300 orang per kilometer persegi, ia menempati urutan ke-2 di dunia.
3. VATICAN (EROPA)
Merupakan Daratan dalam kota Roma Italia dengan sekitar 44 hektar (108,7 hektar), Kota Vatikan adalah negara merdeka terkecil di dunia. Sebagai pusat agama Katolik, di kota-negara kecil ini hanya menampung sekitar 821 warga, namun karena kawasan yang kecil, ia adalah peringkat ke-3 di kepadatan penduduk.
4. MALADEWA (ASIA )
Maladewa merupakan negara kepulauan yang terdiri dari sekelompok atolls terletak di Samudra Hindia. Maladewa mempunyai dua puluh enam atolls meliputi wilayah menampilkan 1192 islets, kira-kira dua ratus yang dihuni oleh masyarakat lokal. Menurut sensus 2006, ada 298.842 penduduk yang tinggal di kawasan total hanya 298 kilometer persegi,menempati posisi ke empat dalam kepadatan penduduk.
5. BAHRAIN (ASIA-ARABIC)
Bahrain merupakan batas wilayah negara pulau di Teluk Persia dan terkecil di bangsa Arab. Bahrain memiliki pertumbuhan ekonomi tercepat di wilayah Arab,menjadi kelebihan penduduk akibat imigrasi dan pekerja tamu dari seluruh dunia. Ada sekitar 987 orang per kilometer persegi di pulau kecil ini.
6. BANGLADESH (ASIA)
Bangladesh adalah negara kecil yang terletak di Asia Selatan hampir dikelilingi oleh India. Bangladesh merupakan salah satu yang paling tinggi dan padat penduduk negara-negara di dunia. Dengan wilayah daratan 144.000 kilometer persegi (55.600 mil persegi), kepadatan penduduk luar biasa adalah fakta bahwa seluruh populasi Rusia adalah sedikit lebih kecil daripada Bangladesh

7. NAURU ( PASIFIK )
Nauru adalah sebuah negara kepulauan di Pasifik Selatan Micronesian hanya meliputi 21 kilometer persegi, membuatnya menjadi negara kepulauan terkecil didunia,juga negara republik independen terkecil, dan satu-satunya negara republik di dunia tanpa modal resmi. Ada sekitar 13.048 penduduk yang tinggal di pulau kecil ini.

8. TAIWAN ( ASIA )
Taiwan adalah sebuah pulau di Asia Timur di lepas pantai daratan Cina. Setelah Perang Saudara China pada tahun 1949, Chiang Kai-shek dan sekitar 1,3 juta pengungsi melarikan diri ke daratan Cina membuat Republik Cina (ROC) di Taipei. Status politik Taiwan merupakan topik kontroversial, namun taiwan merupakan sebuah industri ekonomi, merupakan salah satu wealthiest dan paling padat penduduknya di negara-negara Asia.
9. BARBADOS (AMERICA -CARIBIA )
Terletak di timur Laut Karibia, Barbados independen merupakan negara kepulauan di barat Samudra Atlantik.merupakan negara tujuan wisata utama untuk rombongan wisatawan dari seluruh dunia. Barbados total luas areal lahan yang dimiliki sekitar 430 kilometer persegi, dan dengan salah satu standar hidup tertinggi dan buta aksara di seluruh dunia, memiliki penduduk relatif tinggi sekitar 279.000.
10. MALTA ( EROPA )
Malta adalah negara kecil dan padat merupakan negara kepulauan yang terdiri dari tujuh pulau-pulau di Laut Mediterania. Setelah bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 2004, negara ini telah dilihat peningkatan investasi dan kekuatan ekonomi. Populasi penduduk Malta,tahun 2005 diperkirakan 404.039 di Malta dan kepadatan penduduk dari 1.282 per kilometer, jauh tertinggi di Uni Eropa dan salah satu yang tertinggi di dunia.

2 komentar:

mutia mengatakan...

kalo sedunia??di buku saya sedunia itu:(ranking)
1.China
2.India
3.USA
4.Indonesia
kenapa ini berbeda??apakah karna ini Di lihat dr Kota??

Anonim mengatakan...

Maksudnya luas daerah ada berapa orang...kira-kira seperti itu kalau dihitung jumlah orangnya tidak memperhatikan luas negara ya seperti yang neng mutia jelaskan!!