Senin, 03 Desember 2012

Teknik Menghafal cepat

A. TEKNIK Menghafal Cepat

Apa itu teknik menghapal cepat?
Teknik menghapal cepat adalah suatu cara untuk memasukkan informasi ke dalam otak (menghapal) dengan melibatkan otak kanan

A. OTAK MANUSIA
Menurut Roger Sperry otak manusia yang digunakan untuk berpikir dibagi menjadi dua belahan, yaitu otak kiri dan otak kanan.
http://2.bp.blogspot.com/_9VB_V_v41Ao/TTzgR1sM5BI/AAAAAAAANXc/ouTwNcJ5n48/s400/otak-kanan-manusia1.gif
Berdasarkan sifatnya, otak kiri bersifat short term memory (ingatan jangka pendek) dan otak kanan bersifat long term memory (ingatan jangka panjang)
B. TEKNIK MENGHAPAL CEPAT
1. Memory Sport
Perlu kita ketahui bahwa otak manusia sama halnya dengan otot. Apabila otot tidak diolahragakan, maka otot akan lemah, tetapi sebaliknya bila diolahragakan akan kuat. Begitu juga dengan otak. Otak akan lemah bila tidak diolahragakan, dan akan kuat bila diolahragakan. Maka itu kita perlu mengolahragakan otak kita.
Salah satu cara utk mengolahragakan otak kita adalah melalui memory sport.
Langkah – langkah memory sport;
1. Menyiapkan tempat dengan menggunakan site sistem
2. Menyiapkan kata – kata yang akan diingat
3. Menyimpan kata – kata tersebut pada tempat yg telah ditetapkan
4. Memanggil kata – kata yg telah disimpan berdasarkan langkah ke-3
Alokasi waktu untuk mengingat adalah 2 menit. Bila anda sudah bisa mengingat 25 kata dalam waktu 2 menit, maka konsentrasi anda telah meningkat. lakukanlah memory sport ini setiap hari, maka anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa
2. Site Sistem
Adalah suatu teknik menyimpan informasi secara teratur dg cara menempatkan informasi yg akan kita ingat (hafal) pada tempat – tempat yg tlh ditetapkan
cara membuat site sistem;
1. Tempat harus yg sudah dikenal oleh kita
2. Tempat harus dpt dilihat dg jelas
3. Tempat dibagi menjadi beberapa area
4. Tempat harus bisa dibayangkan
3. Relation Sistem
Adalah suatu teknik utk mengingat informasi dg cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yg lainnya dengan aksi. Relation sistem dipakai utk menghapal yg berpasangan seperti vocabulary, nama negara dan ibu kotanya, nama sungai dan provinsinya, dsb
Contoh penggunaan aksi dalam relation sistem;
Uang masuk kedalam kipas
Roda menabrak ember
Kucing makan rujak
Masuk kedalam, menabrak, dan makan adalah aksinya. Aksi tersebut adalah sebaiga klu / pemicu utk menarik informasi yg ada didepannya, sehingga informasi yg ada didepannya tidak lupa
4. Story Sistem
Adalah teknik untuk mengingat informasi dengan cara menghubungkan informasi yg satu dengan informasi yg lainnya menjadi sebuah cerita
Contoh;
Burung – baju – awan – coca cola – gunung – kelinci – pistol – buaya – pohon – kawah
Cara menghafal;
Bayangkan!
Burung memakai baju terbang ke awan minum coca cola terbang lagi ke gunung ketemu kelinci yang membawa pistol utk menembak buaya yg tidur dibawah pohon di dekat kawah
5. Mnemonic
Adalah teknik menghapal yg bersifat abstrak dg cara mengubah kata abstrak tersebut menjadi benda konkrit yg bisa dibayangkan
Mnemonic dibagi menjadi 2, yaitu;
1. Sistem gambaran adalah suatu teknik menghapal informasi yg abstrak dengan cara menggambarkan kata abstrak tersebut menjadi sesuatu yg konkrit. utk menggambarkannya bisa dengan kegiatan, sesuatu yg terkenal seperti orang, makanan, dll.
contoh:
Gembira digambarkan dg org yg sedang bergembira
Jogya digambarkan dg Borobudur
Jakarta digambarkan menjadi monas
2. Sistem persamaan bunyi, adalah suatu teknik utk menghapal informasi berdasarkan persamaan bunyinya
Contoh :
Singapura menjadi singa
Irak menjadi rak

sumber : kaskus us


B. 6 cara menghafal cepat
 
Terkadang kita sulit menghapal dalam pelajaran . Mengetahui hal tersebut seseorang tentunya akan merasa malas untuk menghapal. Padahal hapalan itu dibutuhkan ketika dia sedang ulangan. Ada sebuah tips cara menghapal cepat. Berikut cara untuk dapat menghafal dengan cepat antara lain adalah :Penasaran ??


1. Panca Indera
Di dalam membaca keterampilan memperhatikan perlu kita pelajari, karena akan sulit mengingat sesuatu apabila kita tidak memperhatikan dari awal. Dengan menggunakan kombinasi penglihatan (mata), bunyi (telinga), gerak (tangan dan kaki), bau (hidung), dan rasa (lidah), akan menciptakan memori terkuat.

2. Membuat Kesan
Cara supaya sesuatu dapat diingat membuat menjadi lebih berkesan, buat kesan objek yang akan kita ingat secara imajinatif dan berlebih-lebihan.

3. Mainkan Emosi
Untuk memainkan emosi dengan membuat kesan yang bermuatan cinta, kebahagiaan, dan kesedihan mudah untuk diingat. Dengan menggunakan kesan dari perasaan hangat, perasaan yang membuat jantung kita berdegup kencang dan memancarkan kebahagiaan, akan membantu memori kita.

 4. Imajinasi dan Asosiasi
 Pergunakanlah asosiasi dan imajinasi pribadi kita seperti anggota-anggota keluarga kita, rumah kita, kantor, teman-teman, peristiwa, dan hal-hal yang istimewa bagi kita.

5. Repitisi
Usahakan selalu berkonsentrasi secara penuh pada materi yang sedang dipelajari dan mengulangnya dengan cara yang berbeda dan kreatif seperti mengucapkannya keras-keras dan lebih baik bila dibuat peta pikiran.

6. Password
 Usahakan mengingat bagian pertama dan terakhir karena bagian tersebut paling mudah untuk diingat. Buat password untuk bagian-bagian tersebut dan jadikan keyword untuk mengingat bagian-bagian lain.


C.  5 cara mudah menghafal


Setiap kita punya masalah dalam mengingat ada dua hal yang perlu diperhatikan, pertama apakah hal tersebut belum pernah terekam dalam ingatan kita atau hal tersebut sudah pernah terekam namun kita tidak bisa mengumpulkannya kembali dalam pikiran kita menjadi sebuah ingatan.
 Karena kita bisa saja sudah merekam sesuatu kedalam pikiran kita namun tidak bisa mengumpulkan kembali menjadi sebuah ingatan. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, tetapi faktor utamanya adalah cara mengingatnya dan stress.

Ada lima cara yang bisa kita gunakan untuk mengingat sesuatu, empat diantaranya untuk melatih cara merekam memori dan satu sisanya melatih untuk mengingatnya, yaitu:

1. Memecahnya

 Mungkin ini adalah cara lama dalam mengingat sesuatu. Jadi dalam metode ini kita akan memecah apa yang kita ingat kedalam bagian yang lebih kecil agar mudah dalam ‘merekamnya’.

 Metode ini baik digunakan untuk mengingat data dalam bentuk angka, seperti nomor telepon, nomor KTP, atau lainnya.

Contoh:

 a. Urutan nomor telepon 0229155783 akan lebih mudah direkam jika kita mengelompokannya menjadi 022,915,57,83 atau 022,91,55,783.

b. Kata seperti Matematika bisa dipecah menjadi Ma+Tema+Tika, Together bisa dipecah menjadi To+get+her.

c. List apel, mentimun, kertas, tinta, sawi, pisang, anggur, buncis, stapler, jeruk. Dapat lebih mudah diingat dengan cara di urutkan dan dipecahkan seperti ini:

Apel, pisang, anggur, jeruk, sawi, mentimun, buncis, kertas, tinta, stapler.

à 4 buah, 3 sayur, 3 peralatan kantor

Para peneliti dalam psikologi menemukan bahwa kapasitas daya ingatan pendek manusia atau Short Term Memory (STM) untuk manusia adalah 7±2 artinya pada kisaran 5-9 saja yang dapat diingat. Jadi harus diingat hal tersebut pada saat kita akan memecah sesuatu untuk direkam.


2. Menyanyikan


Cara ini adalah yang paling popular dan sudah lama dipakai, yaitu dengan cara menyanyikan apa yang akan kita ingat. Tidak terikat dengan jenis musik apa dan bagaimana memecahnya, pastinya jadi menyenangkan. Kalau kita lihat di film-film kolosal china, kita sering melihat cara ini dipergunakan dalam membaca sesuatu.

Cara ini selain efektif juga membuat kita semakin kreatif, karena kita terlatih untuk membuat sesuatu kedalam nyanyian.


3. Mediasi/Menjembatani

 Dalam metode ini, sesuatu untuk menjembatani ditambahkan kepada apa yang akan kita rekam kedalam pikiran. Metode ini baik digunakan untuk menghubungkan beberapa kata atau materi yang bisa disederhanakan kedalam beberapa kata yang berhubungan.


4. “Pembacaan” sebelum tidur

 Pada teknik ini, kita berusaha mengingat apa yang sudah kita rekam sesaat sebelum tidur. Pemikiran yang kita lakukan sebelum tidur akan menyusun informasi dengan cara yang sistematik dan efektif pada saat kita tidur. Psikolog hampir selalu menemukan, jika seseorang memikirkan masalahnya sesaat sebelum tidur, seringkali ada solusi yang baik dikeesokan harinya.


Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


a. Buat suasana hati dan pikiran kita sesantai mungkin

b. Tuliskan kedalam kertas, hal-hal yang perlu diingat diatas selembar kertas.

c. Bacakan itu dengan keras (jika mungkin) satu atau dua kali dan coba mengingatnya dua atau tiga kali (apa yang sebelumnya kita baca).

d. Lalu pergilah tidur tanpa mencemaskan sesuatu atau memikirkan sesuatu.

Maka kamu akan mengingat hal itu lebih baik dan dapat dengan mudah untuk diingat kembali saat membutuhkannya.


5. Mencoba dengan cara “tidak mencoba”

Setiap dari kita mengaplikasikan metode-metode ini, baik sadar atau tidak sadar dalam kehidupan sehari-hari. Kadang saat kita mencoba untuk mengingat kembali apa yang pernah kita ingat atau rekam kedalam pikiran kita, tapi tidak bisa. Lalu kita memaksa pikiran kita untuk mengingatnya berulang-ulang, tetapi tidak bisa juga.

Untuk mengatasi situasi seperti ini, abaikan saja dengan melakukan aktifitas lain. Pada saat yang tepat, tiba-tiba apa yang tadi kita coba ingat muncul ke permukaan. Mengapa begitu? Karena informasi yang kita cari terhalang untuk keluar, dan pada saat kita berhenti mencoba mengingatnya, otak kita tetap mencarinya dan jika informasi tersebut ditemukan, otak menunggu penghalang tersebut hilang untuk memberitahukannya kepada kita. Itulah saat dimana stress menghalangi proses pemanggilan informasi (mengingat) kita.

Karena itu, penting sekali setiap kita untuk bisa mengatur atau memanage stress. Karena hal itulah yang kerap kali menghalangi kita untuk mengingat, atau mendapatkan informasi dari apa yang sudah kita rekam.

Saran saya jika ingin menghindari stress adalah, bukan dengan relaksasi ke panti pijat atau clubbing, lebih baik kita memiliki hubungan yang baik dengan Sang Pencipta, serta olah raga yang cukup untuk tetap memiliki tubuh yang sehat. Atau ada ga cara lain untuk mengingat??
 
 
D. CARA MUDAH UTK MENGINGAT ATAU MENGHAFAL
 
Terkadang kita menghadapi kesulitan untuk dapat mengingat atau menghapal sesuatu. Disekolah, banyak guru yang kadang memberikan cara-cara untuk memudahkan mengingat, atau kiat-kiat menghapal. Saya masih ingat bahwa “cara mengingat” kerap di sebut sebagai “jembatan keledai”. Kurang jelas , mengapa istilahnya menjadi demikian. Mungkin karena keledai itu adalah dianggap sebagai binatang paling bodoh, namun dia tidak pernah terperosok kedalam lubang yang sama.
Jadi sebenarnya dalam usaha kita mengingat, atau menghapal, kita harus membuat atau menciptakan cara untuk dapat menyimpannya dengan mudah di dalam memori kita. Biasanya, bila kita sudah dapat memperoleh cara itu sendiri, maka, hal yang kita hapalkan tersebut biasanya akan tinggal selamanya di otak kita. Selamanya, dalam arti selama kita hidup dan sehat dan belum pikun.
Contoh yang paling sederhana adalah tentang hitungan dalam perkalian lima. Semua hasil perkalian dengan angka lima, adalah angka yang akan habis dibagi lima, dan selalu angka belakangnya adalah 5 atau 0. Bila dua angka dikali dengan angka 11, hasilnya adalah sama dengan angka tersebut yang disisipkan dengan jumlah kedua angka tersebut di tengah-tengahnya. Misalnya 24 dikali 11, hasilnya adalah 24 disisipkan angka 2 tambah 4 yaitu 6, sama dengan 264. Demikian seterusnya, dan banyak lagi cara atau trick untuk mengingat, baik angka maupun hapalan lainnya.
Dengan trick-trick tertentu, orang kemudian bisa menghapal dan atau mengingat banyak hal. Semakin cerdas seseorang akan semakin banyak hal yang dapat diingatnya. Walaupun tidak selamanya seperti itu. Dapatkah anda membayangkan, misalnya menghapal urut-urutan kartu yang disusun secara acak. Seorang juara mengingat/menghapal bernama Andi Bell, dapat mengingat/menghapal urutan kartu yang disusun acak, hanya dalam waktu 32,9 detik ! Di tahun 2003, dia mendemonstrasikan ke piawai-annya dengan menghapal 10 pak kartu (berjumlah 520 lembar) yang disusun acak, hanya dalam 20 menit !
Ada lagi seorang yang bernama Themistocles, yang konon dapat mengingat nama-nama dari 20.000 orang di Athena. Masih belum apa-apa, karena ada lagi seorang bernama Seneca, yang dapat mengingat nama-nama seluruh warga Kerajaan Roma.
Pada abad ke 17 ada pula seorang bernama Antonio Magliabechi yang hanya mengisi seluruh waktu hidupnya dengan membaca buku saja. Pada satu ketika dia diminta untuk mengurus buku sebanyak 40.000 buah di perpustakaan Tuscany di Florence. Apa yang terjadi kemudian ? Ternyata tidak berapa lama kemudian, tersebar berita bahwa Antonio telah dapat menghapal seluruh 40.000 buku yang dirawatnya itu. Banyak orang terperangah dengan berita itu, ada yang percaya dan tidak sedikit yang tidak mempercayainya.
Untuk membuktikan kabar tersebut, seorang pengarang buku datang kepadanya, dan meminta dia membaca salah satu buku karangannya dengan cepat. Setelah selesai membaca, buku itu diminta kembali , dan dia kemudian diminta untuk menuliskan kembali seluruh isi buku itu. Mentakjubkan, Antonnio menuliskan kembali isi buku itu, dan selesai dalam waktu relatif singkat dengan tidak ada satu kata pun yang berbeda.
Bukan main, dan kita kemudian mengambil kesimpulan orang-orang demikian itu pastilah orang yang memiliki otak yang luar biasa. Padahal, kenyataannya tidak demikian. Mereka ternyata hanya memiliki cara untuk mengingat atau menghapal atau yang dikenal dengan “jembatan keledai”. Yang sulit , ternyata pula adalah bukan mengingat atau menghapal, akan tetapi memikirkan cara yang dapat memudahkan untuk mengingat.
Dalam pelajaran menembak, dikenal salah satu metoda yang harus senantiasa diingat agar hasil tembakan dapat menjadi baik dan fokus yaitu “nabitepi”, itu adalah singkatan dari nafas(maksud nya untuk menahan nafas), bidik, dan tekan picu. Ini juga adalah salah satu contoh, dari “jembatan keledai”. Trick-trick semacam ini memang harus dicari sendiri, dan semakin intensif kita melakukannya, maka akan lebih mudah berkembang kepada banyak hal-hal lainnya yang membutuhkan kita untuk menghapal.
Salah satu contoh lainnya adalah sebagai berikut : Tolong anda menghapal angka-angka berikut ini : 07964034512. Coba anda mengingatnya, dengan hanya melihat angka tersebut dalam waktu 3 detik saja. Dapatkah anda melakukannya? Pasti sulit, walaupun akan bisa juga. Namun bagaimana kalau anda mencoba untuk mengelompokkannya terlebih dahulu angka-angka tersebut tadi sehingga menjadi sebagai berikut :079 640 345 12. Nah, lebih mudah kan ? Begitu pula bila anda akan menghapal nomor handphone seseorang yang misalnya terdiri dari 10 angka. Caranya adalah simpan dulu 3 atau 4 angka didepannya yang biasanya selalu sama yaitu :0811 atau 0816, baru kelompokkan sisanya menjadi 2 atau 3 kelompok, pastilah anda dapat dengan mudah mengingatnya.
Cara untuk memperoleh atau mendapatkan “jembatan keledai”, hanya dengan mencoba dan melatih nya kembali. Disini sekali lagi yang akan menentukan adalah “jam terbang”, makin sering kita berusaha mencari dan makin sering berlatih, maka akan semakin banyak kita memperoleh jembatan keledai itu. Yang harus diingat adalah, mulai dulu dengan hal-hal yang sederhana, baru kemudian meningkat kepada yang lebih sulit. Demikian, semoga bermanfaat dalam mengisi hari libur dan selamat mencoba !
 
 
 


 




Tidak ada komentar: