Sabtu, 20 Maret 2010

Penampilan memang penting untuk Karir

Merupakan teka-teki klasik yang seringkali dipertanyakan bak telur dan ayam. Apakah seseorang yang berpendapatan besar menjadi lebih enak dipandang karena memiliki budget untuk merawat diri atau penampilan yang baik berperan besar dalam mendongkrak karier?




Berdasarkan riset yang dipublikasikan di Jurnal Psikologi Terapan edisi May 2009, ditemukan bahwa daya tarik fisik memiliki pengaruh yang besar terhadap besar-kecilnya gaji seseorang, dan mempengaruhi tingkat "keterdidikan" seseorang serta bagaimana mereka mengevaluasi diri. Kesimpulannya, orang dengan daya tarik fisik yang tinggi mendapatkan gaji lebih besar, sikapnya lebih terdidik dan lebih percaya diri.



Rasionalnya adalah mereka yang berpenampilan baik menjadi lebih percaya diri dan cenderung merasa lebih layak dan mampu. Hal ini menyebabkan perusahaan menilai mereka lebih tinggi juga.











Penampilan seringkali disalahartikan secara dangkal hanya dari pakaian, wajah (make up) dan rambut saja. Sebenarnya ada yang lebih esensial lagi, yaitu kesehatan kulit.



Kulit mendominasi 90% dari tubuh manusia. Namun hanya 1% saja yang dijaga kebersihannya. Padahal kita hidup di Indonesia yang beriklim tropis yang panas dan memiliki kelembaban tinggi. Jamur kulit mudah tumbuh melebihi normal di area yang lembab (karena keringat yang tertahan) dan hangat, seperti lipatan kulit (ketiak, selangkangan, lipatan payudara, dll) dan area kulit yang tertutup (kaki).



Masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur, ditandai dengan munculnya rasa gatal, kulit diantara jari kaki terkelupas, meradang hingga muncul bau yang kurang sedap hanya merupakan efek jangka pendek saja.



Efek jangka panjangnya bisa berupa penuaan kulit (efek fisiologis) hingga efek psikologis, yaitu kurang percaya diri, dijauhi dari kehidupan sosial, bahkan berdampak pada hubungan kita dengan pasangan dan karier.









Kulit yang sehat adalah salah satu asset berharga untuk memupuk rasa percaya diri. Berikut ini adalah tips untuk menjaga kesehatan kulit, tidak perlu mahal yang penting dilakukan secara teratur:



1. Jaga kebersihan kulit. Tidak perlu berlebihan, jika berlebihan malah akan menyebabkan kulit kering. Cukup mandi 2x sehari dan pakai seminggu sekali.



2. Minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk menjaga kelembaban kulit



3. Pola hidup sehat, yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan serat (buah dan sayur) dan olah raga secara teratur.



4. Menjaga kulit agar tetap kering dan bersih, khususnya area lipatan kulit dan area yang tertutup. Karena area tersebut mudah terinfeksi jamur kulit. Gunakan bedak anti jamur, 2x sehari pagi dan malam sehabis mandi untuk pengobatan dan cukup 1x sehari di pagi hari untuk pencegahan.



Gunakan obat anti jamur yang juga anti bakteri, karena infeksi jamur seringkali disertai dengan infeksi bakteri gram positif. .......cari obat anti jamur dan bakteri yang terasa nyaman di kulit. Untuk mengobati dan mencegah bau kurang sedap di kaki, bubuhkan obat Powder pada telapak dan sela-sela jari kaki. Niscaya kaki akan tetap kering, nyaman dan terhindari dari gangguan jamur.



Tentunya rasa percaya diri karena penampilan fisik yang prima tetap harus ditunjang dengan kecerdasan. Survei menemukan bahwa secara umum pengaruh kecerdasan seseorang terhadap tingkat gaji masih lebih kuat dibandingkan dengan pengaruh daya tarik (fisik). Jadi yang memiliki otak cerdas tak perlu minder dengan mereka yang cantik atau tampan. Tapi kalau punya dua-duanya, kecerdasan dan penampilan menarik, tentu lebih menguntungkan.

Tidak ada komentar: