Minggu, 08 Februari 2009

HARRYANTO SUHERMAN

Harry Suherman, Presiden Direktur PT Murni Cahaya Pratama (MCP), produsen cat merek Cargloss, menjelaskan jumlah populasi mobil yang beredar di jalanan jauh lebih besar dibandingkan dengan mobil baru yang dibuat pabrikan.

Permintaan di segmen ini sebagian besar berasal dari bengkel perbaikan bodi biasa atau yang bengkel besar yang digandeng oleh asuransi kendaraan bermotor.

Cat custom


Satu lagi permintaan segmen cat ritel yang nilainya cukup siginifikan adalah segmen pecinta modifikasi kendaraan. Mereka biasanya meminati cat-cat dengan warna khusus yang biasanya dipesan secara khusus (customize paint) atau biasa disebut cat custom.

"Volume penjualan cat custom ini tidak terlalu besar, tapi potensinya lumayan. Quantity-nya sedikit tapi dari profit range-nya besar," tuturnya.

Harry mengungkapkan sebelum ekspansi ke segmen ritel, Cargloss dipercaya menjadi pemasok ke pabrik Mitsubishi dan Suzuki serta hampir semua produsen motor Jepang di Indonesia, mulai dari Yamaha, Honda, hingga Suzuki.

Namun, posisinya sebagai pemasok yang bukan berstatus perusahaan patungan (bermitra dengan asing) membuatnya kurang 'aman' ketika terjadi perubahan manajemen di pabrikan mobil yang menjadi mitranya.

Manajemen Cargloss sudah berapa kali ke Jepang untuk mencari mitra usaha untuk diajak berpatungan tapi hingga sekarang belum juga berhasil. Akhirnya, dia pun memutuskan menggunakan merek sendiri untuk memasok ke industri.

Berbekal pengalaman kerja di Nippon Paint dan Kansai Paint, dia diterima sebagai pemasok oleh produsen kendaraan yang mayoritas merupakan merek-merek Jepang. "Hasilnya lumayan."

Saat ini, kata dia, perusahaan dengan pabrik berkapasitas 700.000 liter per bulan ini bisa memasok 200.000 liter cat dan 200.000 liter tiner sebulan. Dari volume ini, sekitar 20% di antaranya diserap produsen kendaraan roda empat (Mitsubishi dan Suzuki), sedangkan 80% diserap industri kendaraan roda dua dengan permintaan terbesar dari Yamaha.

Perusahaan ini pun terus memperluas pasar mengingat kapasitas pabriknya baru terpakai sekitar 30%. "Selain potensi yang besar, tujuan kami masuk ke segmen ritel adalah dalam rangka branding image Cargloss di pasar ritel yang selama ini banyak dikuasai merek-merek asing."


hologram
Holographixx Color Series dan Heat Resistance Series. “Untuk bahan hologramnya, kami sengaja mendatangkannya langsung dari Jerman, dan proses permintaannya juga tak mudah. Sebab produsennya yang notabene biasa melayani pencetak uang tak mau sembarangan memberikan materialnya ke sembarang orang,” ujar Harry Suherman, Presdir MCP . Tak heran bila satu kaleng nya dijual dengan banderol empat jutaan. Dan produk kedua, “Ini dibuat untuk melapisi bagian knalpot, mesin dan bagian yang terkena panas. Dan produk ini kuat bertahan sampai panas 650 derajat Celsius,” beber Martha Suherman sang Direktur

Tidak ada komentar: