Senin, 18 Mei 2009

CARA MUDAH MENDAPAT PEKERJAAN

1.Cara mudah mendapatkan pekerjaan
Bagaimana perasaanmu ketika kamu mendapatkan panggilan kerja?
Senang, tentu saja! Memang apa lagi yang kamu harapkan lebih dari itu?
Hal yang sama juga terjadi padaku.
Seminggu setelah wisuda di kampusku pada bulan Maret 2008, aku mendapat pesan singkat (SMS) dari seorang teman yang menanyakan apakah aku sudah bekerja atau belum dan memberikan tawaran pekerjaan yang dia tawarkan sebagai referensinya karena menurutnya pekerjaan ini sesuai dengan bidang dan keahlianku, yaitu internet marketing. Aku pikir, apa salahnya mencoba? Esoknya aku langsung diinterview dan tiga hari kemudian aku dinyataakan mulai bisa bekerja per 1 April 2009.
Bukan main senangnya hatiku, mengapa? Karena pekerjaan ini menyenangkan banget dari sisi:
Profesi yang akan kulakukan tidak jauh berbeda dengan apa yang selama ini aku jalani
Lokasi kantor yang strategis, mudah dalam mencari transportasi umum dan dekat dengan sumber makanan
Basic salary yang WOW!!
Suasana kerja yang asyik, full ac, cemilan, musik dan yang pasti bisa chatting dan facebook-an selama tidak mengganggu pekerjaan ^_^
Setiap hari rabu aku diijinkan untuk kerja setengah hari karena aku masih punya tanggungan ke kampus untuk konsultasi TA
Tidak perlu membuat surat lamaran untuk melamar pekerjaan ini
Dari pengalamanku, cara mudah untuk mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah adalah:

Memanfaatkan hobi.
Menjadi ahli di suatu bidang tertentu yang juga masih berhubungan dengan kuliahmu yang jarang peminatnya / sedikit saingan.
Karena pasti seseorang yang pernah kuliah belum tentu dia akan memakai semua ilmunya ketika dia bekerja, benar kan? Kebanyakan dari kita yang sudah bekerja pasti akan merasakan perbedaannya.

Lalu, percuma dong mahal-mahal bayar uang kuliah tetapi ilmunya tidak terpakai?

Kata siapa??!?! Aku tidak menyarankan hal itu, tidak sama sekali!!

Pintar-pintarlah kamu menggabungkan hobi dengan bidang studi waktu kamu kuliah. Contoh:

Hobi masak, chatting dan kuliah di jurusan ekonomi. Solusi: Membuat toko roti dengan strategi marketing yang dulu pernah dipelajari waktu kuliah ditambah promosi dari berkenalan di chatting internet
Hobi fotografi dan kuliah di jurusan biologi. Solusi: Membuat kumpulan foto tentang makhluk hidup dan suatu saat foto-foto tersebut dapat diikutkan festival atau lomba foto taraf nasional ataupun internasional dengan tema earth day, pelestarian makhluk hidup langka, dsb
Dan masih banyak contoh lainnya…

Diluar semua itu, dipengaruhi juga oleh faktor keberuntungan, faktor wajah dan faktor kebiasaan untuk tidak malas dan tidak mudah menyerah
Brillie,



2.Cara Lebih Mudah Mendapat Pekerjaan


Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan bertemu dengan salah satu kawan kerja saya dahulu. Ibu ini kebetulan bertugas di bidang HRD yang salah satunya adalah melakukan tugas recruitment karyawan.

Disela pembicaraan dia berkata bahwa saat ini untuk mendapatkan pekerjaan maka dari pencari kerja tidak hanya dituntut untuk dapat bekerja keras dan rajin juga harus memiliki suatu kelebihan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan pencari kerja lainnya misalnya dari segi kreatifitas.

Kesimpulan saya adalah bahwa seorang pencari kerja saat ini perlu menjadi seseorang yang “berbeda” dari para pencari kerja lainnya sehingga pencari kerja ini akan menjadi “istimewa” dimata si calon boss. Keistimewaan tersebut dapat berupa kreatifitas seperti yang saya sebutkan diatas atau mempunyai keterampilan yang jarang dimiliki oleh orang lain dan masih banyak lagi kemungkinan yang lain.

Beberapa waktu yang lalu saya mendengarkan sebuah talk-show di sebuah radio swasta yang sedang membahas salah satunya adalah tentang bagaimana seseorang dapat memperoleh pekerjaan yang diinginkannya ditengah persaingan yang semakin ketat saat ini. Dari acara yang berdurasi 1 jam ini saya mendapatkan kesimpulan tentang satu cara dimana seorang pencari kerja dapat “menarik” perhatian si pemberi kerja dengan cara yang mungkin jarang dilakukan oleh seorang pencari kerja. Bagaimana caranya?

Begini, seorang pencari kerja dapat bertemu dengan pencari kerja (dengan catatan bahwa pekerjaanya cocok dengan bidangnya) dan sipencari kerja dapat menawarkan suatu “proposal” kepada sipencari kerja. Isi proposal ini adalah bahwa si pencari kerja bersedia bekerja 2-3 bulan (relatif)tanpa mendapatkan gaji. Lho kok aneh? Biasanya orang ingin mendapatkan pekerjaan karena ingin mendapatkan gaji kalau bisa yang besar lagi. Sekarang malah mau kerja gratisan. Tunggu dulu! Sebenarnya ada kelanjutannya dan tidak hanya berhenti sampai disitu. Bila si pemberi kerja “puas” dengan pekerjaan si pencari kerja maka di bulan ke 4 si pencari kerja dapat minta untuk diangkat menjadi pegawai. Untuk memperkuat “perjanjian” ini mungkin dapat dibuatkan semacam surat perjanjian diatas meterai sebelumnya. Bagi si pemberi kerja hal ini tidak ada ruginya karena dia tidak akan “kehilangan” apa-apa.

Bila sipencari kerja bekerja di tempat yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya dan menyenangi bidang tersebut maka saya yakin bila si pencari kerja bekerja dengan sepenuh hati maka si pencari kerja akan mendapatkan pekerjaan yang didambakannya
Jimmy Kurnia Indradjaya


3. Bagaimana cara Mendapatkan Pekerjaan

Melamar pekerjaan bagi sebagian orang merupakan hal mudah. Sebab, ia sudah tahu bagaimana cara mendapatkan informasi yang akurat tentang perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan keryawan. Ia tahu, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup (Curiculum Vitae) yang menarik agar dilirik perusahaan. Ia tahu, bagaimana cara mempersiapkan diri untuk bersaing mengikuti tes tertulis dan kiat jitu dalam menghadapi tes wawancara.

Namun, bagaimana dengan mereka yang baru lulus sekolah atau kuliah? Bisa jadi ini bukanlah perkerjaan mudah. Sebab, ia tidak tahu bagaimana cara untuk melalui semua itu. Terlebih, jika ia tidak tahu hal apa saja yang harus dilakukan agar sukses melewati tes wawancara. Sebab, tes wawancara memiliki porsi cukup besar dalam menentukan seseorang diterima kerja atau tidak. Tak heran, jika banyak perncari kerja yang lulus tes tertulis, namun gagal pada ssaat seleksi tes wawancara.

Dalam buku “Sukses Mendapatkan Pekerjaan” karangan Anna T. Yuniarti, S.Psi terbitan PT WahyuMedia aku menemukan tips dan rahasia sukses dalam mendapatkan perkerjaan sesuai idaman.

Tidak ada komentar: