Minggu, 20 Mei 2012

Bulan Rajab salah satu bulan suci

Bulan suci adalah Bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram, dan Rajab. Karena Rasulullah shallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
” Sesungguhnya zaman ini berputar sebagaimana keadaannya sejak hari Allah menciptakan langit dan bumi. Di dalam satu tahun ada dua belas bulan dan diantaranya terdapat empat bulan yang mulia (suci), tiga diantaranya berturut-turut: Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, dan Rajab yang berada di antara bulan Jumada dan Sya’ban” (HR. al-Bukhari, no 2958 dari sahabat Abu Bakrah).
Dan Hadist tersebut sebagai tafsir dari firman Allah Ta’ala:
” Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah menganiaya diri dalam bulan empat itu, dan perangilah musyrikin semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertaqwa.” (QS. at-Taubah/9:36)


Ibnu Rajab dalam kitabnya Lathoiful Ma’arif 1999:222 alasan empat bulan tersebut dinamakan bulan suci penjelasannya sebagai berikut:
1. Pernyataan Ali bin Abi Thalhah dari Ibnu Abbas adalah Allah mengkhususkan empat bulan itu untuk mengagungkan kesucianNya, dosa yang dibuat di bulan-bulan itu lebih besar dan amal shaleh yang dibuat di bulan-bulan itu juga amt besar
2.Menurut Ka’ab; Allah memilih zaman, lalu yang paling disukai adalah bulan-bulan suci itu.
3.Hal ini terkait dengan firmanNya, “maka janganlah menganiaya diri dalam bulan yang empat itu”
4.Dinamai bulan suci karena diharamkannya perang di bulan-bulan tersebut.
5.Bulan Dzulhijjah agar nyaman menunaikan ibadah haji dan umroh. disucikan bualn Dzulqa’dah karena bulan perjalannan menuju Mekkah untuk haji. Disucikan bulan Muharram karena untuk perjalan pulang dari menunaikan ibadah haji. Disucikan bulan Rajab karena untuk melaksanakan umrah di tengah-tengah tahun bagi mereka yang dekat dengan Mekkah.
Akan muncul pertanyaan; Apakah bulan Rajab ini memiliki keistimewaan  dan keutamaan tersendiri? dan Apakah ada amalan yang dilakukan oleh setiap muslim pada bulan tersebut?
Menurut Syafi’iyyah; disunnahkan memperbanyak amal shaleh, karena bulan Rajab paling utama di antara bulan-bulan suci.
Sedangkan Ibnu Hajar berkata dalam kitabnya Tabyinu al-”Ajab, hal 21″idak ada satupun hadis shahih tentang keutamaan bulan Rajab, serta mengkhususkan puasa pada hari tertentu di dalamnya, juga tidak Qiyamullail pada malam tertentu, yang bisa dijadikan dalil dalam masalah tersebut.
Dari Anas bi Malik berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila masuk bulan Rajab berdoa: “Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban. Dan sampaikanlah (umur) kami ke bulan Ramadhan” (HR. Ahmad no:2228, Thabrani dan Baihaqi no:3654)
Dengan adanya beberapa pernyataan tersebut maka kita umat Islam harus smart dalam menyikapi Hadis yang dianggap tidak shahih dalam pernyataan tadi cukup kita jadikan sebagai motivator.
Sebagai umat Islam kita wajib beribadah dan beramal shaleh selama kita masih hidup tidak melihat bulan-bulan yang suci itu. Karena semua harus kita kembalikan pada yang Kuasa, kita hanya menjalani apa yang diperintahNya dan menjauhi semua laranganNya.

Tidak ada komentar: